Thursday, January 14, 2016

PDS HB Jassin, Warisan Sang “Paus Sastra Indonesia”

 

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Taman Ismail Marzuki, Jakarta, nama sastrawan besar Indonesia HB Jassin mungkin terdengar asing di telinga, kecuali jika Anda memang benar-benar pecinta sastra dan sejarahnya.

Di TIM inilah terdapat Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin (PDS HB Jassin) yang banyak menyimpan benda-benda “pusaka” sastra Indonesia, yang disimpan dan didokumentasikan sejak zaman penjajahan oleh HB Jassin. HB Jassin sendiri merupakan penulis sekaligus kritikus sastra pada sekitar tahun 1930an. Ketika itu ia sengaja berinisiatif untuk mengumpulkan dan menyimpan karya-karya otentik penulis-penulis atau pelaku sastra pada masa itu. Hingga ia pun dijuluki sebagai “Paus Sastra Indonesia”.

Berkat usahanya dalam melestarikan sastra Indonesia, HB Jassin mendapat dukungan dari gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, sehingga pada tanggal 28 Juni 1976, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin resmi didirikan dan berlokasi di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Di gedung yang tidak terlalu besar dan terletak di jalan yang sempit itu, terdapat beberapa koleksi karya sastra berupa buku-buku fiksi, non-fiksi, naskah drama, biografi, foto-foto pengarang, kliping, makalah, skripsi, disertasi, rekaman suara, dan rekaman video. Sejumlah surat-surat pribadi dari kalangan sastrawan-sastrawan ternama seperti Chairil Anwar, NH Dini, Ajib Rosidi, dan Iwan Simatupang juga disimpan di tempat ini. 

Surat pribadi Chairil Anwar

Surat Peresmian Gubernur Ali Sadikin

PDS HB Jassin menjadi tempat yang harus didukung dan dikembangkan. Pasalnya, tempat tersebut merupakan satu-satunya yang menyimpan data dan dokumentasi khusus kesusasteraan Indonesia. Bahkan tempat itu juga memiliki koleksi sastra terjemahan dari berbagai Negara. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh untuk melihat karya sastra luar negeri. Namun sayang, tidak banyak masyarakat yang berkunjung setiap harinya ke tempat itu. Mungkin hanya sekitar 20an orang per harinya. Padahal lokasi yang berada di kompleks TIM, tempat dimana terdapat sebuah kampus, seharusnya menjadi sumber informasi bagi setiap mahasiswa. Memang, sekali waktu ada yang melakukan kunjungan dari Universitas, namun tidak banyak.

PDS HB Jassin merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang karya sastra lama Indonesia. Di sana Anda akan temukan berbagai dokumen-dokumen peninggalan sastrawan-sastrawan besar Indonesia, tetapi Anda tidak bisa bebas membaca dokumen-dokumen di dalam perpustakaannya, dan juga tidak diperbolehkan untuk dibawa pulang. Ada petugas khusus yang melayani. Hal ini untuk menjaga benda-benda tersebut agar tidak rusak atau hilang. Namun, jangan khawatir, Anda tetap diperbolehkan untuk membacanya di tempat. Di sana juga disediakan fasilitas untuk Anda memfotocopy buku-buku yang Anda inginkan. Jika Anda ingin berkunjung ke PDS HB Jassin ini, Anda dapat datang pada hari Senin sampai Jumat yang dibuka pukul 08:30 hingga 15:30 WIB. Adapun gedung PDS HB Jassin terletak di Lantai 2 Gedung Galeri Cipta II, Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya No.73, Jakarta Pusat.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Sinekdok Official | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑