Thursday, January 7, 2016

Andrea Hirata, Salah Satu Sastrawan Indonesia yang Dipandang Dunia

Laskar Pelangi bisa dikatakan menjadi ikon berkembangnya kembali sastra Indonesia. Berkat kecerdikan Andrea Hirata dalam memainkan kata sehingga menyihir pembacanya untuk masuk ke dalam kisah nyata hidupnya tersebut. 



Debut novel yang diangkat dari kisah nyata tentang sulitnya masyarakat Pulau Belitung dalam menempuh pendidikan tersebut telah sampai ke mata pembaca-pembaca di luar Indonesia. Hingga diterjemahkan ke dalam 34 bahasa di 130 Negara di dunia.


Beberapa waktu lalu bahkan Andrea Hirata berhasil meraih gelar Doktor Kehormatan di bidang sastra dari Universitas Warwick Inggris, karena dinilai berkontribusi terhadap kesusastraan internasional selama delapan tahun terakhir. 


Sejak meluncurkan novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata memang telah berkiprah dalam penerbitan buku dalam skala internasional, dan aktif dalam berbagai festival buku dan pengajaran sastra di kampus-kampus luar negeri.


Ini merupakan sejarah yang patut dibanggakan oleh kalangan sastrawan di Indonesia, karena ini merupakan suatu bukti bahwa karya sastra Indonesia mulai di pandang.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Sinekdok Official | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑